Pengaruh Kualitas Sistem Informasi, Kualitas Informasi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi pada Bank Umum di Bandung

  • Ferdiansyah Ritonga Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STAN-Indonesia Mandiri, Mahasiswa Program Doktor Akuntansi, FEB Universitas Padjadjaran Bandung
  • Fery Fitri Yanto Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STAN-Indonesia Mandiri
Keywords: Kualitas sistem informasi, kualitas informasi, kualitas pelayanan, dan kepuasan pengguna sistem informasi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis mengenai pengaruh kualitas sistem informasi, kualitas informasi, dan kualitaspelayanan terhadap kepuasan pemgguna sistem informasi.Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah sebanyak 50 karyawan pengguna sistem informasi pada Bank Umum diBandung. Dengan menggunakan analisis regresi berganda, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas sistem informasimemiliki pengaruh positif tidak signifikan terhadap kepuasan pengguna sistem informasi, sedangkan kualitas informasi dankualitas pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna sistem informasi.Besarnya nilai koefisien determinasi untuk variabel kualitas sistem informasi, kualitas informasi dan kualitas pelayanan adalah39,7%, sisanya 60,3% dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang mungkin mempengaruhi kualitas sistem informasi, kualitasinformasi, dan kualitas pelayanan.Temuan dalam penelitian ini menjelaskan bahwa jika bank umum di Bandung ingin meningkatan kepuasan pengguna sisteminformasinya maka sebaiknya para penyedia program memberikan sistem informasi yang mudah digunakan, sesuai dengankebutuhan serta pelayanan yang baik dari penyedia sistem informasi tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2013-11-20