WATER PRESSURE TRANSFORMER DENGAN TEKANAN PRIMER 0,5 BARG

  • Rusmana Rusmana Program Studi Teknik Konversi Energi, Jurusan Teknik Konversi Energi, Politeknik Negeri Bandung
Keywords: Aliran sekunder, Aliran primer, Gelombang tekanan water hammer, siklus buka tutup katup, water pressure transformer,

Abstract

Paper ini membahas tentang rekayasa pemanfaatan gelombang tekanan water hammer menjadi aliran yang bermanfaat yang dinamai aliran sekunder. Dengan demikian dari sebuah pompa akan diperoleh 2 aliran yaitu aliran primer dan aliran sekunder.

Untuk mendukung rakayasa ini maka disusun suatu rangkaian alat-alat yang terdiri dari tangki, pompa, pipa galvanis, sambungan-sambungan pipa, tangki tekanan dan katup-katup. Kemudian diberi nama water pressure transformer.

Cara kerja water pressure transformer dimulai dari pompa mengalirkan air bertekanan 0,5 barg dengan laju massa air 39,61 kg/min (disebut aliran primer). Aliran tersebut diganggu oleh siklus buka-tutup katup solenoid sehingga terjadi gelombang tekanan water hammer, kemudian gelombang tekanan ditampung di tabung tekanan, lalu dialirkan menjadi aliran sekunder bertekanan maksimum kurang lebih 6 barg dan laju massa maksimum kurang lebih 0,54 kg/min. Tekanan maksimum yang dapat dihasilkan oleh water pressure transformer adalah kurang lebih 12 kali lipat tekanan primer atau sekitar 12 kali lipat tekanan kerja pompa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2011-11-17