Kontrol Traksi Mobil Elektrik Berbasis Model Kendaraan Tanpa Slip

  • Pratikto Pratikto Jurusan Teknik Refrigerasi dan Tata Udara, Politeknik Negeri Bandung Indonesia Teknik Fisika, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Bandung Indonesia
  • Yul Yunazwin Nazaruddin Teknik Fisika, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Bandung Indonesia
  • Edi Leksono Teknik Fisika, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Bandung Indonesia
  • Zainal Abidin Teknik Mesin, Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara, Institut Teknologi Bandung Indonesia
Keywords: slip roda, kontrol traksi, model roda

Abstract

Pada makalah ini dibahas pengembangan kontrol traksi untuk sebuah mobil elektrik dengan metoda yang dikembangkan berdasarkan keadaan kecepatan sebuah model kendaraan yang tidak mengalami slip. Pada prinsipnya sebuah kendaraan dapat bergerak maju dengan adanya gaya traksi yang disebabkan adanya gaya gesekan antara roda dan jalan. Namun apa bila jalan sangat licin, gaya traksi tersebut akan menjadi mengecil bahkan dapat menuju nol bila slip terlalu besar. Prinsip dasar metode yang dikembangkan adalah membandingkan kondisi nyata kendaraan dan model untuk memperoleh nilai torsi yang dapat menekan terjadinya slip suatu roda agar traksi yang terjadi dapat dipertahankan pada nilai yang mendekati nilai maksimum. Pengontrolan dilakukan pada kecepatan roda agar mengikuti nilai referensi yang dihasilkan oleh model kendaraan yang digunakan sebagai referensi.Nilai kecepatan roda referensi dipilih sedemikian sehingga sesuai dengan nilai kecepatan roda kendaraan jika tidak mengalami slip.Nilai torsi yang diberikan pada roda dapat melebihi nilai yang dibutuhkan untuk menggerakkan kendaraan sedemikian sehingga percepatan tidak dapat bertambah secara berarti lagi dengan menambahkan torsi tersebut.Kelebihan torsi hanya mengakibatkan roda berputar dengan pergeseran yang lebih cepat dari pergeseran badan kendaraan.Apabila nilai keadaan kecepatan roda kendaraan nyata dan kendaraan model dibandingkan maka diperoleh selisih nilai kecepatan yang dapat digunakan untuk menentukan nilai torsi yang tepat untuk roda.Nilai torsi masukan pada roda dapat dikontrol dengan menggunakan umpan balik yang diperoleh dari perbedaan kecepatan roda yang dikontrol dan yang dihitung dari model. Penerapan metode ini dapat mengurangi kecepatan roda ketika melintasi jalan yang licin dengan kondisi slip pada kecepatan 11 m/s menjadi 7 m/s sementara kecepatan normalnya adalah sekitar 2 m/s. Eksperiment menunjukkan bahwa besarnya pengurangan kecepatan roda ketika slip dapat ditingkatkan dengan melakukan penentuan harga penguatan umpan balik yang tepat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2010-10-27