Aplikasi Metoda Loading Katalis Secara Painting Dan Screen Printing Pada Mea Dalam Pembuatan Sel Bahan Bakar Hidrogen (Hydrogen Fuel Cell)
Keywords:
Sel Bahan Bakar Hidrogen, MEA, loading katalis, Painting dan Screen Printing
Abstract
Fuel cell merupakan salah satu teknologi penghasil listrik yang memanfaatkan sumber energi alternatif terbarukan dan banyak dikembangkan saat ini, salah satunya adalah Hydrogen Fuel Cell (HFC). Gas hidrogen yang digunakan sebagai bahan bakar HFC masuk ke dalam sistem fuel cell di sisi anoda membentuk proton dan elektron, sedangkan oksigen yang berasal dari udara bebas masuk ke sisi katoda. Komponen penyusun satu stack HFC terdiri dari end plate, current collector, dan MEA (Membran Electrode Assembly). MEA merupakan komponen terpenting pada HFC karena sebagai tempat terjadinya reaksi oksidasi gas hidrogen dan reduksi oksigen sehingga menghasilkan arus dan tegangan listrik. MEA berukuran 3 x 3 cm dibentuk dengan cara hot pressing membran dan carbon paper yang telah dilapisi (loading) katalis. Salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja HFC adalah pemilihan jenis metoda loading katalis pada MEA. Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan dua metoda loading katalis secara painting dan screen printing pada MEA dalam pembuatan sel bahan bakar hidrogen. Pada penelitian ini telah dibuat 2 (dua) buah stack HFC dengan metoda loading katalis secara painting dan screen printing. Karakterisasi terhadap MEA yang dibuat dilakukan dengan analisa SEM – EDX. Dari hasil analisa SEM – EDX terhadap kedua MEA yang dibuat tampak bahwa distribusi katalis pada metoda loading painting lebih merata dibandingkan metoda screen printing. Pengujian kinerja dilakukan pada masingmasing HFC, yaitu HFC painting dan HFC screen printing dengan variasi laju alir gas hidrogen 10, 15, dan 20 ml/menit. Gas hidrogen diperoleh dari proses elektrolisa air di electrolyser. Kinerja terbaik dihasilkan oleh HFC painting pada laju alir gas hidrogen 15 ml/menit dengan daya sebesar 6,05 mWatt (tegangan 0,68 volt dan arus 1,24/cm2 mA).Downloads
Download data is not yet available.
Published
2010-10-27
Section
Articles