Meningkatkan Kemampuan Belajar Bahasa Inggris Secara Mandiri dari Mahasiswa Jurusan Non-Inggris Di POLBAN

  • MV. Joyce Merawati Politeknik Negeri Bandung
Keywords: belajar bahasa secara mandiri, penelitian tindakan kelas, pembelajar bahasa pemula, pembelajar bahasa yang berpengalaman.

Abstract

Salah satu dari tujuan Politeknik Negeri Bandung adalah menjadikan peserta didiknya menjadi manusia yang mandiri. Oleh sebab itu kemandirian harus diajarkan secara sistimatis di semua mata kuliah. Penelitian yang bertujuan meningkatkan kemampuan 24 mahasiswa teknik sipil POLBAN untuk belajar bahasa Inggris secara mandiri dan dilakukan selama dua semester ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas induktif yang diawali dengan fase diagnosa dan dilanjutkan dengan tindakan sebanyak tiga putaran. Metode ini dipilih karena sejalan dengan pendekatan proses belajar mengajar yang terpusat pada pembelajar yang dilakukan dengan berkolaborasi bersama mahasiswa dan staf dari UPT Bahasa. Perkembangan kemampuan belajar mandiri dianalisa berdasarkan komponen tujuan belajar, pengetahuan, keterampilan, motivasi dan kepercayaan diri. Hasil data yang dikumpulkan dari kuesioner, tes, jurnal, dan observasi dan dianalisa secara kualitatif memperlihatkan bahwa pada awalnya, mereka adalah pembelajar pemula. Selama perlakuan mereka berkembang dari tingkat pembelajar pemula atau ‘acquiring the language’ menjadi pembelajar yang lebih berpengalaman atau ‘learning and acquiring the language’. Tingkat perkembangan mereka sangat tergantung pada tingkat kemampuan bahasa Inggris, pengalaman belajar dan persepsi mereka. Sesuai dengan cara belajar mereka, tindakan dan beberapa saran akan disajikan, sehingga di luar kelas bahasa Inggris, mahasiswa POLBAN dapat belajar bahasa Inggris secara mandiri.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2010-10-27