Analisa Persepsi Perilaku Konsumen Terhadap Produk Ramah Lingkungan

  • Khalida Hasna
  • Lusianus Kusdibyo

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui persepsi konsumen produk ramah lingkungan di Indonesia dengan menggunakan Theory of Planned Behavior (TPB). TPB sendiri terdiri dari sikap, norma subyektif, dan kontrol periaku terhadap niat beli produk ramah lingkungan. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuisioner yang didistribusikan ke 250 responden yang pernah membeli produk ramah lingkungan. Analisis deskriptif dilakukan menggunakan aplikasi SPSS yang menunjukan bahwa konsumen Indonesia memiliki persepsi positif terhadsaap produk ramah lingkungan. Hasil uji validitas dan reliabilitas menunjukan semua variabel diatas cut-off value. Penelitian ini memberikan saran kepada pelaku usaha produk ramah lingkungan bahwa minat beli konsumen dapat diukur melalui variabel TPB. Hasil penelitian menunjukan hasil bahwa konsumen yang membeli produk ramah lingkungan dipengaruhi sikap, norma subjektif, dan kontrol perilaku, Sementara itu, variabel sikap memiliki nilai rata-rata terbesar sedangkan norma subjektif terkecil yang berarti saat konsumen membeli produk, konsumen akan merasa lebih bijak, merasa mendukung aksi dalam linkgungan, dan keputusan yang baik setelah membeli produk. Sedangkan pengaruh keluarga, teman, dan kerabat tidak begitu mempengaruhi niat beli produk ramah lingkungan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-08-16