Pengaruh Destination Image dan Perceived Risk terhadap Revisit Intention melalui Tourist Satisfaction di Kampung Wisata Sejarah dan Budaya Braga

  • Septian Ihsan Nugraha Politeknik Negeri Bandung
  • Wahyu Rafdinal Politeknik Negeri Bandung

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi hubungan antara Destination Image, Perceived Risk, Tourist Satisfaction, dan Revisit Intention di Kampung Wisata Sejarah dan Budaya Braga. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan menyebarkan kuesioner online terhadap 404 pengunjung Kampung Wisata Sejarah dan Budaya Braga. Pengukuran data dilakukan dengan menggunakan Structural Equation Model pada SMART PLS 3. Sedangkan metode kualitatif dilakukan dengan in-depth interview dengan empat informan. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa salah satu dimensi Destination Image (Travel Environment) memiliki pengaruh yang substansial terhadap Revisit Intention. Sebaliknya, dimensi lain, Entertainment and Events, tidak memiliki pengaruh substansial pada Revisit Intention. Namun, Perceived Risk tidak berpengaruh pada Revisit Intention pengunjung. Destination image dan Perceived Risk berpengaruh positif terhadap Tourist Satisfaction. Terlepas dari kontribusi yang diperoleh dari penelitian ini, penelitian ini memiliki keterbatasan signifikan yang bisa dijadikan sebagai titik awal untuk penelitian selanjutnya. Penelitian ini juga berfungsi sebagai referensi penelitian dengan latar belakang risiko yang sama.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-08-16