Analisis Persepsi Konsumen terhadap Event Esport

  • Muhammad Azzam Jihadulhaq Politeknik Negeri Bandung
  • Gundur Leo Politeknik Negeri Bandung

Abstract

Pertumbuhan audiens esport secara global terus menerus tumbuh setiap tahunnya, begitupun di Indonesia. Generasi Y secara keseluruhan mendominasi total audiens esport secara global. Namun di Kawasan Asia tenggara khususnya di Indonesia, hal tersebut tidak berlaku karena generasi yang mendominasi bukanlah Y melainkan generasi Z. Fenomena tersebut sebenarnya bukan merupakan hal buruk karena secara umum, audiens esport tetap bertumbuh. Namun yang disayangkan adalah jika audiens generasi Y tidak bertumbuh secara optimal, maka brand-brand yang merupakan sponsor utama event esport akan mendapat penghasilan yang kurang optimal pula. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi konsumen terhadap event esport agar dapat memberikan strategi yang tepat bagi industri esport untuk mengembangkan event esport yang menarik tidak hanya bagi generasi Z, namun juga bagi generasi Y. Penelitian ini menggunakan 250 data responden yang sudah pernah mengikuti event esport dan data diolah dengan analisis deskriptif menggunakan program Smart PLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsumen memiliki preferensi terhadap event esport dengan konten yang memiliki elemen pencapaian, estetika, akuisisi pengetahuan, dan eskapisme.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-08-16