Analisis Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Ukuran Perusahaan terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility

  • Ardela Intan Paramita Universitas Esa Unggul
  • Barlia Annis Syahzuni Universitas Esa Unggul

Abstract

Corporate Social Responsibility merupakan pendekatan untuk eskalasi kualitas hidup, sebagai faktor pengendali dan moderasi kemampuan manusia sebagai anggota masyarakat untuk merespon kondisi sosial yang ada, mengambil, menggunakan dan melestarikan lingkungan. Kini banyak perusahaan yang menerapkan Corporate Social Responsibility sebagai bentuk tanggung jawabnya atas lingkungan. Objek penelitian ini menggunakan perusahaan pertambangan yang tercatat di BEI dan diperoleh melalui metode purposive sampling. Data sekunder diambil dari laporan tahunan perusahaan. Penelitian ini merupakan studi kausal dengan menggunakan metode kuantitatif. Analisis data dilakukan dengan memakai analisis statistik deskriptif. Kemudian, kelayakan penelitian diuji menggunakan uji asumsi klasik, serta pembuktian hipotesis memakai analisis regresi linier berganda dengan 11 perusahaan yang memadai kualifikasi untuk dijadikan sampel penelitian. Sehingga jumlah data observasi yang didapat antara tahun 2016-2020 adalah 55 data. Hasil penelitian ini menarik kesimpulan jika secara parsial Profitabilitas dan Leverage tidak berdampak pada pengungkapan CSR, namun secara parsial Ukuran Perusahaan berdampak positif dan signifikan pada pengungkapan CSR. Serta secara simultan Profitabilitas, Leverage dan Ukuran Perusahaan berdampak pada Pengungkapan CSR. Hasil penelitian ini dimaksudkan bisa memberi masukan bagi manajemen perusahaan perihal pentingnya peran pengungkapan CSR serta sebagai pembanding dan referensi untuk penelitian-penelitian selanjutnya, serta dapat menjadi acuan bagi masyarakat dalam menilai kontribusi perusahaan pertambangan dalam menjaga kesehatan lingkungan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-08-16