Pengaruh Consumption Value Plant-based Food terhadap Attitude dan Purchase Intention (Studi pada Young Customers)

  • Tiara Anggraeni Politeknik Negeri Bandung
  • Dwi Suhartanto Politeknik Negeri Bandung
  • Tintin Suhaeni Politeknik Negeri Bandung

Abstract

Krisis lingkungan menjadi permasalahan dunia saat ini yang berakibat pada perubahan iklim. Masalah ini menjadi tanggung jawab seluruh sektor termasuk bisnis dan konsumen. Saat ini, konsumen sudah mulai sadar tentang pentingnya peduli pada lingkungan dengan beralih mengonsumsi plant-based food dan terbukti kini tren plant-based food meningkat khususnya pada young customer. Namun, dari sisi pelaku bisnis ternyata masih belum bisa memenuhi permintaan konsumen terhadap plant-based food. Jumlah pelaku usaha plant-based food masih sedikit sedangkan permintaan terus bertambah. Oleh karena itu, untuk menjawab permasalahan tersebut disusunlah penelitian untuk mengetahui consumption value dan pengaruhnya terhadap attitude dan purchase intention dikalangan young customer sehingga ditemukan consumption value yang sesuai dengan kebutuhan dan dapat diterapkan dalam pengembangan bisnis kuliner untuk menjual plantbased food dan turut serta menjadi bisnis berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan diolah menggunakan SEM-PLS dan MGA. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 319 young customer di Jabodetabek. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh consumption value terhadap attitude dan purchase intention.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-08-16