Perancangan Buku Profil Wisata sebagai Media Promosi di Desa Wisata Lebakmuncang

  • Annisa Nur Fitriani Politeknik Negeri Bandung
  • Tamara Herlinda Erwin Politeknik Negeri Bandung
  • Rikantini Widiyanti Politeknik Negeri Bandung

Abstract

Buku profil wisata yang dimiliki oleh pengelola Desa Wisata Lebakmuncang sudah lama tidak diperbaharui baik dari isi informasi maupun tampilannya, sehingga promosi yang dilakukan kurang optimal karena informasi sudah tidak relevan. Perancangan proyek ini bertujuan untuk memperbaharui media promosi berupa buku profil wisata untuk mempromosikan destinasi kepada masyarakat pada umumnya dan khususnya untuk target pasar utama yaitu sekolah, sehingga dapat meningkatkan minat calon wisatawan untuk melakukan wisata ke Desa Wisata Lebakmuncang. Buku profil ini berisi mengenai komponen pariwisata 4A (attraction, accessibility, amenities, ancillary), sejarah, letak geografis, harga paket wisata yang ditawarkan, kontak pengelola, serta dilengkapi oleh foto kegiatan wisata. Selain itu, perancangan proyek ini memperhatikan tampilan melalui elemen visual, diantaranya warna, tipografi, ilustrasi, dan tata letak. Hasil dari perancangan buku profil ini akan digunakan dalam bentuk digital yang jangkauannya lebih luas dan bentuk fisik yang akan digunakan pihak pengelola dalam memasarkan secara langsung pada suatu instansi sekolah. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara kepada narasumber yaitu pihak pengelola desa wisata, studi literatur, serta pengumpulan data melalui kuesioner sebagai data kualitatif sebelum proyek dimulai juga sebagai timbal balik dari hasil proyek.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-08-16