Perancangan E-Catalogue Sebagai Media Promosi Produk Paket Wisata PT. Ranata Air Network

  • Tasya Amelia Politeknik Negeri Bandung
  • Tamara Herlinda Erwin Politeknik Negeri Bandung
  • Rikantini Widiyanti Politeknik Negeri Bandung

Abstract

Perancangan e-catalogue memiliki tujuan untuk digunakan sebagai media promosi produk paket wisata domestik yang dimiliki oleh Ranata Tour, karena e-flyer sebagai media promosi sebelumnya belum dimanfaatkan dengan optimal. Isi dari e-catalogue terdiri dari beberapa paket wisata domestik yang dilengkapi dengan informasi mengenai destinasi wisata dan daya tariknya, aktivitas selama berwisata, fasilitas yang akan didapatkan, juga dilengkapi dengan informasi harga. Perancangan ecatalogue menggunakan teori strategi komunikasi dan pendekatan visual untuk membuat ecatalogue yang informatif, persuasif, dan memiliki desain yang menarik. Hasil perancangan ecatalogue diuji menggunakan model AIDA yang biasanya digunakan untuk menilai keefektifan suatu iklan atau media promosi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara kepada pihak Ranata Tour, serta pengumpulan data menggunakan kuesioner sebagai data kualitatif sebelum proyek dimulai juga sebagai timbal balik dari hasil proyek, dan hasil penelusuran dari internet untuk informasi didalam e-catalogue. Hasil uji produk menggunakan model AIDA adalah e-catalogue memenuhi seluruh unsur AIDA karena membuat pembacanya melalui tahap attention, interest, desire, dan action untuk akhirnya memiliki keinginan membeli paket wisata yang ditawarkan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-08-16