Perancangan Cinematic Video Profil Sebagai Media Promosi Destinasi Wisata Kampung Adat Cireundeu

  • Reyganis Ladistin Politeknik Negeri Bandung
  • Tamara Herlinda Erwin Politeknik Negeri Bandung
  • Chandra Budhi Septyandi Politeknik Negeri Bandung

Abstract

Pembuatan cinematic video profil sebagai media promosi kampung adat Cireundeu dilatar belakangi oleh adanya tren wisatawan pada masa recovery ini yang menyukai berwisata di alam terbuka dengan suasana baru seperti destinasi desa wisata kampung adat. Terdapat destinasi kampung adat di kota Cimahi yang memiliki jenis wisata alam, budaya dan sejarah yaitu kampung adat Cireundeu. Maka dari itu dibuatnya perancangan media promosi berupa video karena efektif dan menampilkan efek visual yang menarik dengan tujuan untuk mempromosikan kembali. Menggunakan konsep cinematic karena dapat menampilkan efek visual yang menarik dan dinilai sesuai dengan kondisi desa. Dan menerapkan konsep video profil untuk menyampaikan informasi mengenai profil destinasi yang dikemas melalui narasi. Perancangan video dilakukan dengan menggunakan data primer seperti observasi, wawancara dan melakukan survei pra perancangan dan pasca perancangan. Pada saat proses pengeditan proyek dilakukan menggunakan aplikasi Vegas Pro 11.0. Mengunakan metode AIDA (Attention, Interset, Desire, and Action) sebagai acuan bahwa efektivitas iklan perlu memenuhi unsur AIDA sebagai uji akhir untuk mengukur hasil dari produk yang telah dirancang dengan mengumpulkan pendapat dari responden melalui penyebaran kuesioner. Berdasarkan uji produk yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa perancangan video yang telah dibuat sudah memuat informasi yang lengkap, efektif, sesuai, dan membuat responden tertarik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-08-16