Pengaruh Biaya Kualitas dan Biaya Produksi Terhadap Penjualan (Studi Kasus pada PT. XYZ)

  • Farah Dzakiyyah Politeknik Negeri Bandung
  • Jouzar Farouq Ishak Politeknik Negeri Bandung

Abstract

Persaingan antar perusahaan pada era globalisasi saat ini semakin meningkat dan tidak dapat dihindari. Agar dapat mempertahankan posisinya di pasar, maka perusahaan perlu menghasilkan barang yang berkualitas tinggi dengan harga yang dapat bersaing, yang dapat berdampak pada meningkatnya penjualan. Untuk memproduksi barang yang berkualitas tinggi dengan harga yang bersaing maka perusahaan perlu melakukan pengendalian terhadap biaya kualitas dan biaya produksi yang dikeluarkan perusahaan. Dalam lima tahun terakhir, penjualan produk pada PT. XYZ cenderung mengalami penurunan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh biaya kualitas dan biaya produksi terhadap penjualan pada PT. XYZ baik secara parsial maupun simultan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda menggunakan bantuan software Statistical Package for Social Sciences (SPSS) versi 26. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa secara parsial biaya kualitas dan biaya produksi berpengaruh positif dan signifikan terhadap penjualan. Sedangkan hasil uji simultan menunjukkan bahwa biaya kualitas dan biaya produksi berpengaruh positif dan signifikan terhadap penjualan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-08-16