Penentuan Beban Pada Prototype Rangka Sepeda Yang Bermanoever Jatuh dari Ketinggian 2m

  • Carolus Bintoro
  • Vicky Wuwung
  • M. Ilham

Abstract

Gaya yang bekerja pada rancangan sepeda biasaya digunakan dalam proses kaji struktural penentuan defleksi frame sepeda. Oleh karena pengguna sepeda kayuh semakin banyak, dengan alasan ramah lingkungan, merupakan bentuk olah raga dan keungan lainnya, maka kajian ini dilakukan. Kajian ini sendiri diberi judul “Penentuan Beban Pada Prototype Rangka Sepeda Yang Bermanoever Jatuh dari Ketinggian 2m”. Kajian ini diselesaikan dengan memanfaatkan perangkat lunak Simulink Matlab. Hal tersebut didasarkan pada rangka sepeda yang kaku, kuat dan ringan, perlu dijustifikasi beban dinamik yang bekerja pada strukturnya .Beban dinamik yang terjadi pada protopype disebakan oleh karena defleksi akibat lintasan dan manuvernya, namun demikian haruslah tetap memberikan rasa aman bagi pengendaranya. Apabila massa sepeda terlalu besar, hal tersebut memerlukan goyangan dalam mengayuh pada saat bermanover pada kondisi tertentu. Berdasarkan penelitian ini diketahui bahwa baban dinamik yang bekerja pada rangka sepeda gunung karena jatuh dari ketinggian 2m lebih besar dari beban statiknya. Oleh karena itu dalam perancangan rangka sepeda disarankan untuk menggunanakan angka keamanan 2,5 dari beban statiknya. Dengan demikian apabila ada lonjakan beban, maka rangka sepeda masih aman untuk digunakan dan dibatasi hingga jatuh dari ketinggian 2m.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-08-17