Pengaruh Electronic Word of Mouth (E-WOM) di Media Sosial terhadap Minat untuk Membeli Produk Kecantikan (Studi pada Raecca)

  • Sypha Rachmayati Solihat Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Bandung, Bandung 40012
  • Adila Sosianika Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Bandung, Bandung 40012

Abstract

Raecca merupakan brand kecantikan lokal. Efek dari adanya E-WOM ini sangat besar, bahkan banyak pemasar yang telah memanfaatkannya karena berasal dari sumber terpercaya dan memberikan pengaruh yang cukup signifikan Menurut data pada februari 2022 pengguna instagram mencapai 99,15 juta jiwa dan 52,3% didominasi oleh perempuan. Media sosial instagram juga merupakan salah satu sarana Electronic Word Of Mouth yang digunakan sebagai media komunikasi antara penjual dan pembeli. penelitian yang dilakukan oleh Jalivan (2012) menyimpulkan bahwa EWOM diyakini memiliki dampak baik secara langsung maupun tidak langsung pada minat beli konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Electronic Word of Mouth (EWOM) pada sosial media instagram terhadap minat beli produk kecantikan Raecca. Penelitian ini menggunakan Teknik sampling nonprobabilitas, dengan teknik yang digunakan dalam pengumpulan datanya menggunakan judgment sampling/ purpose sampling. Data pada penelitian ini, diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada 400 responden yang mengetahui produk Raecca. Analisis data pada penelitian ini menggunakan Least Squares berbasis varians (PLS-SEM) dengan memakai SmartPLS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa E-WOM yang terdiri dari dimensi valence of opinion, content, dan source trustworthiness berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli produk kecantikan Raecca.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-08-19