Analisis Persepsi Wisatawan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Wisatawan Kampung Karuhun Sumedang

  • Rina Trisnawati Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Bandung, Bandung 40012
  • Nono Wibisono Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Bandung, Bandung 40012

Abstract

Kabupaten Sumedang memiliki berbagai jenis wisata dan saat ini terkendala kunjungan setiap tahunnya yang mengalami fluktuatif. Kampung Karuhun Sumedang destinasi wisata yang masih membutuhkan peningkatan dalam beberapa aspek berdasarkan ulasan yang disampaikan wisatawan seperti kekurangan fasilitas dan pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi persepsi wisatawan terdiri dari kualitas layanan, ketersediaan produk wisata, citra destinasi, kepuasan konsumen dan loyalitas wisatawan Kampung Karuhun. Penelitian ini melakukan pengumpulan data menggunakan kuesioner online dan offline kepada 355 responden yang pernah berkunjung ke Kampung Karuhun dan teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Teknik analisis digunakan adalah analisis deskriptif menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan wisatawan memiliki persepsi positif pada kualitas layanan, ketersediaan produk wisata, citra destinasi, kepuasan konsumen dan loyalitas destinasi. Hasil dari temuan ini memberikan pemahaman pentingnya meningkatkan kepuasan dan loyalitas wisatawan bagi destinasi wisata.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-08-19