Peran Atribut Inovasi Produk Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan (Studi pada PT. Ultra Jaya Milk Industry)

  • Rachma Wijayaning Sri Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Bandung, Bandung 40012
  • Adila Sosianika Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Bandung, Bandung 40012

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh persaingan industri yang semakin pesat dan didorong dengan adanya permasalahan pandemik Covid-19 yang menyebabkan beberapa permasalahan dalam perbandingan seperti keinginan pelanggan dan terpengaruhinya prioritas kebutuhan pada pelanggan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dengan melihat peran atribut inovasi produk. Metode yang digunakan yaitu campuran dengan mengajukan beberapa pertanyaan terbuka dan tertutup. Selain itu sampel yang digunakan yaitu sebanyak 415 responden dengan kriteria responden yang pernah membeli produk dari PT. Ultra Jaya. Metode sampling yang digunakan pada penelitian ini yaitu judgment sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dari lima atribut inovasi produk hanya terdapat empat indikator yang mempengaruhi kepuasan pelanggan yaitu relative advantage, compatibility, trialability dan observability, untuk satu indikator yang tidak mempengaruhi kepuasan pelanggan yaitu complexity. Untuk itu atribut dari produk inovasi ini dapat dijadikan alternatif bagi perusahaan untuk melakukan riset pasar guna membantu meningkatkan kepuasan pelanggan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-08-19