Pengaruh Layanan Pesan Antar Secara Online Selama Masa Pandemi Terhadap Omzet Penjualan Frozen Food di Kota Cimahi

  • Habsari Anon Wiharsono Jurusan Administrasi Bisnis, Politeknik Negeri Bandung, Bandung 40012
  • Annisa Khoerani Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Bandung, Bandung 40012
  • Vitasya Utami Marsu Marsa Jurusan Akuntansi, Politeknik Negeri Bandung, Bandung 40012
  • Aryanti Nur Fitri Jurusan Akuntansi, Politeknik Negeri Bandung, Bandung 40012
  • Neneng Nuryati Jurusan Akuntansi, Politeknik Negeri Bandung, Bandung 40012

Abstract

Pandemi COVID-19 yang melanda seluruh dunia menyebabkan pemerintah melakukan pembatasan sosial dimana terjadinya perubahan gaya hidup di masyarakat. Berbelanja secara daring kerap dijadikan pilihan karena dianggap lebih mudah dan mengikuti aturan pemerintah untuk melakukan pembatasan sosial, termasuk pada pembelian frozen food. Tujuan penelitian ini secara luas ingin mengetahui sistem belanja daring dan layanan pesan antar yang ditawarkan dan pengaruhnya pada omzet penjualan yang didapatkan selama masa pandemi ini. Data penelitian yang diambil yaitu data kualitatif dengan analisis kualitatif menggunakan kuisioner online dan membandingkan omzet penjualan dalam laporan laba rugi toko frozen food. Penelitian dilakukan terhadap 14 toko frozen food yang ada di Kota Cimahi. Hasil penelitian menyatakan bahwa toko frozen food mulai melakukan layanan pesan antar pada saat adanya pandemic dan dari 11 toko yang melakukan layanan pesan antar mengalami perubahan kenaikan omzet pendapatan dengan peningkatan rata-rata mencapai 40%. Penelitian ini dapat memberikan gambaran bagi para pelaku usaha untuk dapat mengembangkan usaha sesuai dengan perubahan waktu dan kondisi dengan memanfaatkan peluang yang baik dari dampak perubahan tersebut. Di sisi lain terdapat kendala yang perlu dihadapi dalam melakukan layanan pesan antar namun hal tersebut dapat diatasi dengan cara masing-masing toko frozen food. Walaupun era pandemi hampir berakhir dan munculnya kebiasaan baru (new normal) menjadi peluang utama dalam menyediakan layanan pesan antar untuk mempersingkat waktu dalam proses jual beli di tengah kesibukan new normal dan memberikan kemudahan bagi para pelanggan dalam menjangkau produk yang disediakan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-08-19