Analisis Faktor yang Mempengaruhi Niat Wisatawan Untuk Berkunjung Kembali Ke Destinasi Wisata: Studi Kasus Dago Dream Park Bandung

  • Edyta Mutiara Anggraini Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Bandung, Bandung 40012
  • Nono Wibisono Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Bandung, Bandung 40012

Abstract

Perubahan tren pariwisata terjadi saat adanya COVID-19 dan memberikan dampak seperti penurunan jumlah wisatawan. Di era new normal, diharapkan industri pariwisata dapat kembali, tumbuh, memulihkan tren akibat COVID-19. Maka dari itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis faktor – faktor yang dapat mempengaruhi niat perilaku wisatawan untuk berkunjung kembali ke destinasi wisata Dago Dream Park. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan metode kuantitatif berupa kuisioner dengan jumlah 310 responden yang merupakan wisatawan yang pernah mengunjungi Dago Dream Park. Pengolahan data dilakukan dengan metode PLS-SEM. Terdapat beberapa variable yang digunakan yaitu electronic word of mouth, experience quality, perceived value, satisfaction, dan elemen TPB sebagai variabel independent dan revisit intention sebagai variabel dependent. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa variabel independent selain electronic word of mouth, dapat memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel dependentnya, sehingga variabel – variabel ini dapat dijadikan sebagai faktor yang mempengaruhi niat berkunjung kembali. Electronic word of mouth tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap sikap sehingga dianggap tidak cukup dalam mempengaruhi niat berkunjung kembali. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat membantu permasalahan yang dihadapi industri agar dapat menarik minat wisatawan untuk berkunjung kembali.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-08-19