Persepsi Konsumen Indonesia terhadap Minat Beli Makanan Organik pada Industri Katering Diet Sehat

  • Putri Salsabilla Rachman Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Bandung, Bandung 40012
  • Lusianus Kusdibyo Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Bandung, Bandung 40012

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengukur persepsi konsumen Indonesia terhadap minat beli makanan organik di katering diet sehat. Penelitian ini menggunakan model Theory of Planned Behavior yang menjelaskan terkait perilaku konsumen dengan menggunakan variabel Attitude (sikap), Perceived Behavioral Control (kontrol perilaku), Subjective Norms (norma subyektif), dan Purchase Intention (minat beli) terhadap makanan organik di katering diet sehat. Penelitian dilakukan menggunakan metode kuantitatif dengan analisis deskriptif. Data penelitian ini diperoleh dari 250 konsumen Indonesia yang pernah membeli makanan organik di katering diet sehat. Skor rata-rata digunakan untuk mengukur persepsi konsumen. Hasil penelitian ini menunjukkan jika konsumen makanan organik memiliki persepsi yang positif terhadap semua variabel yang diukur. Mereka juga mengetahui manfaat jangka panjang yang akan diperoleh dalam mengonsumsi makanan organik di katering diet sehat. Temuan penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi perusahaan untuk memberikan informasi terkait nilai dari makanan organik berdasarkan persepsi konsumen selain memasarkan produk makanan organik dengan lebih baik, dan dapat menjadi landasan bagi para peneliti untuk dikembangkan pada penelitian yang akan datang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-08-19