The Influence Of Experiential Marketing Towards Satisfaction And Loyalty Of Tourist Destination In Bandung Regency

  • Bella Intania Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Bandung, Bandung 40012
  • Nono Wibisono Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Bandung, Bandung 40012

Abstract

Persaingan antar destinasi wisata yang terjadi saat ini membuat pengelola destinasi pariwisata berlomba untuk berkembang dengan melakukan inovasi baru dalam memenangkan persaingan bisnis. Oleh sebabnya destinasi wisata dituntut untuk bisa untuk menciptakan kesan yang baik di benak wisatawan. Salah satunya adalah dengan mengemas produk atau jasa sehingga mampu menyentuh nilai emosional konsumen melalui pengalaman yang mengesankan Sehingga dengan pengalaman yang mengesankan tersebut dapat menciptakan kepuasan dan loyalitas wisatawan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif, dengan menggunakan Aplikasi SmartPLS, untuk mengukur pengaruh dari experiential marketing dan dimensinya terhadap kepuasan dan loyalitas. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara online kepada 250 responden yang memiliki pengalaman mengunjungi destinasi wisata di Kabupaten Bandung. Selain itu, Statistik SPSS digunakan untuk mendapatkan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengunjung memiliki sikap yang positif terhadap experiential marketing beserta dimensinya terhadap kepuasan dan loyalitas pengunjung. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa seluruh hipotesis yang diujikan memiliki dampak signifikan. namun pada dimensi feel, think dan act tidak berdampak signifikan terhadap experiential marketing.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-08-19