Merancang Katalog Electronik Untuk Promosi Jasa Konsultan Pendidikan Ke Luar Negeri

  • Azkia Salsabilla Helmi Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Bandung, Bandung 40012
  • Fatya Alty Amalia Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Bandung, Bandung 40012

Abstract

Pandemic Covid-19 di dunia cukup berdampak pada perusahaan jasa konsultan pendidikan ke luar negeri. Hal tersebut disebabkan adanya pembatasan dalam berinteraksi secara langsung, yang menjadi ancaman bagi perusahaan karena masih menggunakan strategi pemasaran konvensional, yang mengakibatkan kegiatan pemasaran perusahaan terhambat. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan mulai merambah kegiatan pemasaran secara online, yaitu menggunakan teknologi digital berupa katalog elektronik atau e-katalog. Pemilihan e-katalog, bertujuan untuk membantu perusahaan untuk mengkomunikasikan jasa mereka secara rinci dan menarik, sehingga dapat meningkatkan minat beli konsumen akan jasa perusahaan. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif yang menggunakan wawancara mendalam secara langsung, kepada narasumber kunci. Narasumber kunci pada penelitian ini terdiri dari 1 orang pemilik perusahaan konsultan pendidikan, 13 konsumen perusahaan konsultan pendidikan, dan 1 orang ahli di bidang desain grafis, terutama pada pembuatan e-katalog. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa pembuatan e-katalog bagi bisnis perlu disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi target konsumen perusahaan. E-katalog harus dapat mewakili profil dan jasa perusahaan, lalu di kemas secara kreatif dan inovatif, sehingga meningkatkan minat beli konsumen akan jasa perusahaan konsultan pendidikan ke luar negeri.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-08-19