Analisis Persepsi Uses and Gratification Theory dan Minat Beli: Studi Kasus Parfum Brand Lokal di Indonesia

  • Fernanda Elian Azel Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Bandung, Bandung 40012
  • Lusianus Kusdibyo Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Bandung, Bandung 40012

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur persepsi konsumen terhadap variabel Uses Gratification Theory yang meliputi sikap konsumen terhadap brand, User Generated Content (UGC), dan Firm Generated Content (FGC). Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner secara online kepada 352 konsumen yang mengikuti brand parfum lokal di sosial media dan menggunakan parfum brand lokal. Analisis deskriptif pada penelitian ini menggunakan Statistical Package for the Social Scienes (SPSS) untuk mengukur persepsi konsumen terhadap variabel Uses and Gratification Theory. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa semua dimensi dari Uses and Gratification Theory memiliki persepsi yang positif. Pada minat beli juga menunjukkan hasil yang tinggi dan positif di kalangan konsumen. Temuan penelitian ini memberikan pemahaman mendasar dalam konteks produk parfum brand lokal bagi pemasar agar dapat mengembangkan strategi pemasaran yang efektif.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-08-19