Membangun Perilaku Konsumen Dalam Memilah Sampah Plastik: Pendekatan Theory of Planned Behavior (TPB)

  • Vanya Amadea Rizky Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Bandung, Bandung 40012
  • Arie Indra Gunawan Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Bandung, Bandung 40012

Abstract

Masalah sampah plastik telah menjadi konsentrasi dunia. Plastik merupakan aspek yang sering digunakan dalam berbagai lini produk. Seharusnya ketika konsumen membeli suatu produk, mereka harus bertanggung jawab atas pembeliannya, termasuk sampah. Namun, konsumen sebagai pihak yang memegang kendali penuh atas produk yang mereka gunakan tetap menunjukkan sikap acuh tak acuh terhadap sampah plastik yang mereka hasilkan sehari-hari. Jika ini terus berlanjut, itu akan menjadi masalah besar di masa depan. Namun, konsumen sebagai pihak yang memegang kendali penuh atas produk yang mereka gunakan tetap menunjukkan sikap acuh tak acuh terhadap sampah plastik yang mereka hasilkan sehari-hari. Jika ini terus berlanjut, itu akan menjadi masalah besar di masa depan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk membangun perilaku konsumen yang konsisten untuk memilah sampah plastik yang diperlukan dan menjadikannya perilaku positif. Penelitian ini menggunakan konsumen sebagai responden utama. Penelitian ini menerapkan model perilaku terencana yang menggunakan Attitude, Subjective Norms, dan Perceived Behavioral Control sebagai penentu Consequences Awareness and Recycling Intention. Kemudian dilanjutkan untuk memilah sampah plastik sebagai variabel yang mempengaruhi Perilaku Konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan 294 responden dengan kuesioner. Proses analisis data menggunakan aplikasi Smart-Pls 3.2.9.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-08-19