Pengaruh Sosial Media Tik Tok terhadap Keterlibatan Merek Pelanggan, Kesadaran Merek, dan Niat Beli (Studi Kasus Mie Setan Cijerah)

  • Risma Nur Jamilah Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Bandung, Bandung 40012
  • Deddy Saefuloh Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Bandung, Bandung 40012

Abstract

Salah satu sosial media yang mengalami pertumbuhan pesat dilihat dari jumlah penggunanya adalah Tik Tok. Dengan banyaknya pengguna sosial media akan memberikan peluang kepada pelaku bisnis dalam memasarkan produknya dan menjangkau pasar yang lebih luas. Akan tetapi, tidak semua pelaku bisnis dapat memanfaatkan sosial media Tik Tok secara efektif dan tepat sasaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh aktivitas pemasaran sosial media Tik Tok terhadap keterlibatan merek pelanggan, kesadaran merek, dan niat beli. Populasi penelitian ini adalah pengguna Tik Tok generasi Z (usia 17-24 tahun) yang menyukai mie olahan. Metode penelitian menggunakan kuantitatif dengan data penelitian diperoleh melalui kuesioner online. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 420 responden dengan menerapkan metode purposive sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan PLS-SEM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa interaksi dan electronic word of mouth (e-WOM) berpengaruh signifikan terhadap keterlibatan merek pelanggan. Selanjutnya, keterlibatan merek pelanggan memiliki pengaruh terhadap kesadaran merek dan niat beli. Kemudian, kesadaran merek berpengaruh signifikan terhadap niat beli. Sedangkan hiburan, trendi, dan kustomisasi tidak berpengaruh terhadap keterlibatan merek pelanggan. Penelitian ini memberikan pengetahuan yang mendasar bagi akademisi dan pelaku bisnis terkait pengaruh aktivitas pemasaran sosial media Tik Tok terhadap keterlibatan merek pelanggan, kesadaran merek, dan niat beli, sehingga dapat digunakan untuk merumuskan pemasaran produk mie olahan yang menarik bagi konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-08-19