Pengembangan Tata Kelola Teknologi Informasi (Ti) Dalam Perencanaan Dan Organisasi Pada E-Learning It Telkom Menggunakan Framework Cobit 4.1

  • Marini Wulandari, ST Balai IPTEKnet, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Tangerang Selatan
Keywords: E-learning, PO, COBIT 4.1, tata kelola, IT Telkom

Abstract

E-learning merupakan suatu metode pembelajaran yang menggunakan media internet maupun jaringan komputer untuk mengarahkan pembelajarnya memiliki motivasi belajar mandiri. Proses pembelajaran e-learning terpusat pada siswanya yang biasa disebuut Student Centered Learning (SCL). SCL merupakan salah satu ciri dari kurikulum yang diterapkan di IT Telkom. Maka dari itu e-learning diharapkan dapat menjadi salah satu media dalam pelaksanaan kurikulum berbasis SCL. Namun, dalam implementasi e-learning tersebut belum terdapat arahan dalam perencanaan dan organisasi dalam penerapannya. Pada penelitian ini akan dianalisis penerapan tata kelola teknologi informasi pada e-learning IT Telkom menggunakan framework COBIT 4.1 yang berfokus pada domain PO(Plan and Organise). Berdasarkan pemetaan proses pada domain PO, terdapat sembilan proses yang teridentifikasi. Dari hasil pengumpulan data wawancara yang telah dilakukan, level kematangan kesembilan proses tersebut berada pada level 1 dari skala 0-5. Hal ini menyatakan bahwa implementasi e-learning pada perencanaan dan organisasi di IT Telkom masih tahap awal, belum terorganisasi dan belum terarah dengan serangkaian prosedur dan kebijakan yang mengatur implementasi e-learning. Maka dari itu perlu adanya rekomendasi mengenai penerapan tata kelola e-learning agar implementasi e-learning di IT Telkom terarah sehingga dapat memberikan kontribusi yang baik dalam kegiatan pembelajaran sesuai domain PO COBIT 4.1.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-11-12