Kompetensi Lulusan Diploma III Politeknik dalam Konteks Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)

  • Ahmad Rifandi Jurusan Teknik Kimia, Politeknik Negeri Bandung
Keywords: Kompetensi Lulusan, Mutu Pembelajaran, Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia

Abstract

Kerangka kualifikasi adalah suatu instrumen yang mengklasifikasikan kualifikasi seseorang berdasarkanperangkat kriteria mengenai jenjang capaian pembelajaran (learning outcomes) yang telah diperolehnya.Kompetensi lulusan adalah capaian pembelajaran yang harus diperoleh setelah peserta didik menyelesaikansuatu proses pembelajaran, yang diungkapkan dalam terminologi dari apa yang diketahui, dipahami dandapat dikerjakan oleh peserta didik setelah mereka menyelesaikan pendidikan. Capaian pembelajaranadalah produk utama yang dihasilkan oleh suatu intitusi pendidikan. Capaian pembelajaran pada setiapjenjang kualifikasi harus mengacu kepada deskiptor capaian pembelajaran yang diuraikan dalam KerangkaKualifikasi Nasional Indonesia. Pendidikan vokasi di Indonesia (lebih dikenal dengan istilah pendidikanpoliteknik) telah berdiri selama lebih dari 30 tahun. Selama kurun waktu tersebut, penelitian mengenaikesesuaian capaian pembelajaran dengan jenjang kualifikasi yang diharapkan masih sangat terbatas. Untukitu penelitian mengenai profil dan jenjang capaian pembelajaran pada pendidikan vokasi akan memberikankontribusi yang positif terhadap pengembangan desain pembelajaran di Politeknik. Hasil penelitian yangdilakukan terhadap lulusan Diploma III Politeknik Negeri Bandung (POLBAN) tentang pengaruh mutupembelajaran terhadap kompetensi lulusan dan jenjang capaian pembelajaran yang diperoleh dibandingkandengan kualifikasi “short cycle” pada deskriptor Dublin (setara dengan jenjang 5 Kerangka KualifikasiNasional Indonesia) menunjukkan bahwa capaian pembelajaran (kompetensi lulusan) Diploma III dipoliteknik tersebut menunjukkan jenjang kualifikasi setara dengan 82% jenjang kualifikasi“short cycle”pada deskriptor Dublin, dan kompetensi lulusan ini dipengaruhi secara signifikan oleh mutu pembelajaran.Dari temuan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kompetensi lulusan Diploma III POLBANmasih belum mencapai jenjang kompetensi lulusan yang diharapkan, dengan demikian perlu dilakukanusaha secara tepat dan berkesinambungan untuk meningkatkan mutu pembelajaran agar menghasilkanlulusan yang kompetensinya sesuai dengan kualifikasi pada Kerangka Kualifikasi nasional Indonesai.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2012-07-11