ANALISIS DISKRIMINAN PERSEPSI WISATAWAN TERHADAP KUALITAS KOMPONEN KEPARIWISATAAN DI KAWASANA WISATA AGRO
Keywords:
kualitas komponen kepariwisataan, persepsi wisatawan
Abstract
Persepsi wisatawan terhadap Kualitas Komponen Kepariwisataan sangat penting diungkap terutama berkenaan dengan kepentingan pengembangan layanan wisatawan. Tulisan ini ditujukan untuk mengungkap apakah terjadi perbedaan persepsi yang signifikan antara wisatawan yang berkunjung ke kawasan wisata agro yang berbeda. Berdasarkan proses studi deskriptif dan konfirmatori mengenai persepsi wisatawan terhadap Kualitas Atraksi Wisata, Kualitas Aksesibilitas, Kualitas Amenitas, dan Kualitas Ansilari, terungkap bahwa, meskipun kelompok wisatawan berbeda dengan kawasan wisata agro yang dikunjunginya berbeda pula, ternyata wisatawan tersebut memiliki persepsi sama di antara mereka terhadap Kualitas Komponen Kepariwisataan. Kesamaan persepsi tersebut ditunjukkan oleh penilaian mereka terhadap karakteristik kawasan agrowisata di dua kawasan wisata (Ciwidey dengan Lembang) baik pada Atraksi Wisata, Aksesibilitas, Amenitas maupun Ansilari. Kondisi demikian tidak berarti bahwa karakteristik yang melekat di kedua kawasan absolut sama, namun kemiripan karakteristik dalam Kualitas Komponen Kepariwisataan menjadi indikasi penilaian yang sama meskipun pengunjungnya berbeda.Downloads
Download data is not yet available.
Published
2011-11-17
Section
Articles