Perancangan Kegiatan Sales Promotion Giveaway Kolaboratif Untuk Meningkatkan Engagement Dari Akun Instagram UMKM Gospop di Bandung

  • Haura Azzury Gustaman
  • Deddy Saefuloh

Abstract

Teknologi digital yang terus berkembang secara dinamis menghasilkan pertumbuhan bisnis yang cepat dan masif. Banyak para pelaku bisnis memanfaatkan internet sebagai pendukung bisnisnya, salah satunya menggunakan peran media sosial. Instagram yang memiliki 173,59 juta pengguna di Indonesia menjadi media sosial yang paling banyak digunakan bisnis untuk berinteraksi dengan audiensnya, salah satunya adalah Gospop. Fashion brand yang berasal dari Bandung itu tengah mengalami penurunan engagement sejak awal tahun 2023. Permasalahan ini mengantarkan pada proyek giveaway kolaboratif sebagai solusinya. Penulis menggunakan strategi 4C (context, communication, collaboration, connection) dalam merancang proyek giveaway kolaboratif ini. Proyek tersebut bertujuan sebagai upaya meningkatkan engagement dari akun Instagram Gospop. Metode kualitatif digunakan untuk mengumpulkan data melalui wawancara dengan pihak perusahaan dan ahli media sosial serta forum group discussion bersama para pemenang giveaway. Proyek giveaway kolaboratif ini berhasil meningkatkan engagement akun Instagram Gospop dilihat dari jumlah like, comment, share, accounts engaged, dan content interactions yang meningkat pesat. Giveaway sebaiknya dijadikan sebagai strategi promosi tetap oleh Gospop dan perusahaan-perusahaan dalam industri bisnis digital karena kegiatan ini mampu meningkatkan engagement secara pesat dalam waktu yang relatif singkat. Penelitian selanjutnya dapat menggunakan variabel berupa faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan giveaway untuk mengukur hasil dari giveaway dengan lebih konkrit.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-08-01