Pengaruh Program Retention dan Kepuasan Konsumen terhadap Loyalitas Konsumen di CGV Blizt Bandung

  • Edwin Rizki Sukmaputra Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Bandung, Bandung 40012
  • Yegi Esarianita Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Bandung, Bandung 40012
  • Yuniasari Megandini Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Bandung, Bandung 40012
Keywords: program retention, kepuasan konsumen, loyalitas konsumen, CGV Blizt

Abstract

Sekarang ini perusahaan jasa tengah gencar didalam meningkatkan hubungan antara perusahaan dengan konsumen. Salah satu cara yang digunakan adalah dengan menerapkan Customer Relationship Management (CRM), oleh karena itu didalam penelitian ini, peneliti akan mempelajari mengenai bagaimana program retention (membership card) berpengaruh terhadap loyalitas konsumen dengan kepuasan konsumen sebagai mediating dalam kasus CGV Blitz. Penelitian ini menggunakan 480 responden siswa SMA dan Mahasiswa di kota Bandung, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan e-questionnaire typeform. Pengujian data yang digunakan oleh peneliti adalah dengan menggunakan uji validitas, uji realibilitas, uji multikolinearitas, dan analisis jalur. Hasil dari temuan dari penelitian ini adalah bahwa program retention memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasaan konsumen, dan loyalitas konsumen . Hasil lainnya yaitu program retention ternyata berpengaruh scara positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Namun, pengaruh kepuasaan konsumen terhadap loyalitas konsumen lebih kecil dibandingkan pengaruh program retention terhadap loyalitas konsumen. Sehingga peneliti akan mendiskusikan penyebab pengaruh-pengaruhnya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-07-26