Pengaruh Tingkat Pendidikan Dosen Terhadap Kinerja Dosen Politeknik Negeri Medan

  • Netty Netty Jurusan Adminstrasi Niagaˏ Politeknik Negeri Medanˏ Medan 20155
  • Agus M. Saragih Jurusan Adminstrasi Niagaˏ Politeknik Negeri Medanˏ Medan 20155
Keywords: dosen, tingkat pendidikanˏ kinerja, Politeknik Negeri Medan

Abstract

Perguruan tinggi vokasi dituntut untuk menghasilkan sumber daya manusia harus memperhatikan kinerja sumber daya manusia dalam proses belajar mengajar. Upaya untuk meningkatkan kinerja perguruan tinggi tidak terlepas dari kinerja seluruh dosen yang menjadi inti dari proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan dosen terhadap kinerja dosen Politeknik Negeri Medan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dan explanatory. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh dosen tetap (PNS) di Politeknik Negeri Medan yang berjumlah 310 orang dengan jumlah responden sebanyak 76 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah daftar pertanyaan (Questionare), studi dokumentasi, dan Wawancara (Interview). Hasil penelitin ini menunjukkan bahwa (1) mayoritas responden laki-laki (61,9%) dan wanita (38,1%); (2) mayoritas responden berusia diatas 40 tahun, yaitu 54 orang (71,2%) dan minoritas berusia antara 30-35 tahun yaitu 6 orang (7,7%), selebihnya berusia 36-40 tahun sebanyak 16 orang atau 21,1%; (3) dosen Politeknik Negeri Medan adalah dosen yang berusia rata-rata masuk Pegawai Negeri Sipil berusia 26 tahun; (4) mayoritas responden berpendidikan S1 yaitu 47 orang (61,9%) dan minoritas berpendidikan Doktoral yaitu 3 orang (3,9%). Sebanyak 26 orang (34,2% adalah berpendidikan Magister (S2) dimana data ini menggambarkan betapa minimnya pendidikan S3 di Politeknik Negeri Medan, sehingga perlu adanya peningkatan pendidikan ke depan nantinya; dan (5) mayoritas memberikan tanggapan positif bahwa tingkat pendidikan dosen sangat berpengaruh terhadap kinerja dosen Politeknik Negeri Medan dalam melakukan tugas-tugas, wawasan dan pola pandang dalam menyikapi suatu masalah, pencapaian hasil kerja telah tercapai dari pendidikan yang dimiliki sekarang, pendidikan yang telah dilalui dapat meningkatkan potensi yang dimiliki oleh dosen, melalui pendidikan masa depan akan terjamin, pendidikan pula akan berpengaruh terhadap pembentukan watak dan karakter lebih baik lagi bagi dosen dalam melakukan tugas-tugas, pendidikan yang dilalui sudah sesuai dengan bidang studi yang diajarkan, pendidikan yang sudah dilalui memuaskan, para dosen sangat berkeinginan sekali untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi, ada keterkaitan antara pendidikan dengan kinerja yang telah dicapai, dan kualitas hidup ditentukan oleh pendidikan. Hasil uji hipotesis dengan nilai F hitung sebesar 23,873 dan tingkat kepercayaan (confidence interval) 95% atau α = 0,05, dan dari tabel distribusi F diperoleh nilai 2,32 sesuai dengan hasil yang diperoleh dari perhitungan tersebut, maka dapat dilihat bahwa Fhitung (2,741) > F tabel (2,32), sehingga dapat disimpulkan bahwa tingkat pendidikan berpengaruh nyata terhadap kinerja dosen Politeknik Negeri Medan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-07-26