STANDAR PELAYANAN PUBLIK BERBASIS KUALITAS PELAYANAN KOPERASI WARGA POLITEKNIK NEGERI BANDUNG

  • Hennidah Karnawati Politeknik Negeri Bandung

Abstract

Koperasi  Warga  Politeknik  Negeri  Bandung  (KW  Polban)  merupakan  bagian  dari lembaga publik yang memberikan jasa bidang keuangan kepada para anggotanya. Sebagai organisasi jasa, kinerja Koperasi  Warga Politeknik ditentukan oleh kualitas pelayanan terhadap para anggotanya. Tingkat kualitas pelayanan  dari stadar pelayanan ditentukan pula oleh kinerja aspek internal maupun eksternal organisasi KWP. Oleh karena itu, KWP perlu dievaluasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi kualitas pelayanan kemudian  menyempurnakan  dan  menyusun  standar  pelayanan.  Metode  penelitian  yang digunakan  adalah  mengaplikasikan  metode  deskriptif  dengan  pengumpulan  data  secara triangulasi (wawancara, observasi, dan pengedaran kuesioner). Penelitian dilaksanakan selama 2 bulan. Simpulan: Dalam tiga tahun terakhir, kinerja keuangan mengalami peningkatan ditandai pencapaian SHU melebihi target. Dari aspek internal, KWP belum memiliki kantor sendiri, belum memiliki sistem penilaian pengelola, dan sistem jalur karier.  Penilaian kualitas layanan KWP secara keseluruhan baik, tetapi standar pelayanan belum lengkap. Saran dari kajian ini adalah perlu dilakukan penyempurnaan standar pelayanan pada unit simpan pinjam; dan penyusunan standar pelayanan pada unit toko, fotokopi, dan rental mobil; perlu disusun standar pelayanan untuk penanganan pengaduan/keluhan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Hennidah Karnawati, Politeknik Negeri Bandung

Jurusan Administrasi Niaga

Published
2020-01-24
Section
Articles