PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA KULIAH PANCASILA UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MAHASISWA TEKNIK SIPIL

Main Article Content

Fiorida Mathilda

Abstract

Pendidikan Pancasila adalah pendidikan tentang demokrasi politik yang bertujuan untuk mendidik mahasiswa agar bertindak demokratis berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945. Salah satu metode pembelajaran yang dapat diterapkan pada mata kuliah tersebut  adalah  Problem Based  Learning.  Model ini  dapat  mengatasi  masalah  kemampuan pemahaman konsep dan penerapan nilai-nilai Pancasila dalam masyarakat. Perkembangan teknologi saat ini menjadikan informasi lebih mudah diakses oleh masyarakat. Oleh sebab itu, perlu kesadaran dan kemampuan dari para pengakses dunia digital khususnya mahasiswa untuk menganalisis dan mengolah informasi terkait isu Pancasila sehingga kredibilitasnya dapat dipertanggungjawabkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan permasalahan mahasiswa dalam mengolah informasi dan menilai kemampuan mahasiswa dalam merespons informasi   terkait   isu   Pancasila.   Penelitian   ini   merupakan   penelitian   kualitatif   yang menggunakan metode studi kasus. Penelitian diawali dengan wawancara dan dilanjutkan dengan tahap orientasi, eksplorasi, dan member check. Ada beberapa kesulitan yang dihadapi oleh mahasiswa dalam memilih bahan diskusi bertema Pancasila, antara lain banyak mahasiswa yang tidak  teliti  dan  terkecoh  dengan  judul  provokatif,  tidak  mencermati  alamat  situs,  tidak memeriksa sumber fakta, tidak memeriksa keaslian foto. Pemberian metode melalui diskusi membantu mahasiswa untuk cepat merespons informasi yang diberikan. Mereka juga dapat mengolah dan melakukan argumentasi terhadap isu-isu Pancasila.


 


Kata kunci : metode pembelajaran, digital, informasi, pendidikan Pancasila

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Fiorida Mathilda, Politeknik Negeri Bandung

Jurusan Akuntansi

Politeknik Negeri Bandung