FAKTOR-FAKTOR PEMILIHAN PINJAMAN KE LEMBAGA KEUANGAN DAN RENTENIR OLEH PEDAGANG MUSLIM

Main Article Content

Iga Zahrotul Mufarridah
Hermanita
Selvia Nuriasari

Abstract

Sebagian besar pedagang muslim di pasar Pekalongan meminjam uang ke lembaga keuangan atau rentenir. Keputusan tersebut diambil setelah melalui proses dan ada faktor utama berlandaskan karakteristik perilaku konsumen muslim, seperti menjauhi riba. Tujuan penelitian ini adalah melihat proses, faktor, dan pengambilan keputusan berdasarkan karakteristik perilaku konsumen muslim. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yaitu mendeskripsikan  proses, faktor, dan karakteristik pedagang muslim memilih pinjaman di lembaga keuangan atau rentenir. Sumber data primernya adalah pedagang muslim dengan teknik snow ball sampling dalam pengambilan informan. Kesimpulannya adalah proses pengambilan keputusan memilih dimulai dari  pertama,  munculnya kebutuhan  seperti  modal kerja;  kedua,  mencari  informasi  seperti mendatangi bank; ketiga, mengevaluasi pilihan; keempat, memutuskan memilih, dan kelima, mengevaluasi kelanjutan peminjaman meskipun ada yang tanpa melalui proses tersebut. Ada dua faktor utama dalam pemilihan tersebut, yaitu faktor internal (faktor pribadi dan psikologi) dan faktor eksternal (faktor sosial yaitu referensi kelompok dan keluarga dan juga faktor budaya yaitu nilai agama). Faktor budaya bukan menjadi faktor utama meskipun mereka mengetahui bunga adalah riba yang dilarang dalam Islam. Artinya, pedagang muslim di pasar Pekalongan belum memenuhi karakteristik perilaku konsumen muslim. Walaupun   mengetahui bahwa lembaga keuangan dan rentenir yang menggunakan sistem bunga yang termasuk riba dalam Islam, mereka masih menjadi pilihan dalam peminjaman.


Kata kunci: Proses Pengambilan Keputusan, Faktor Pengambilan Keputusan, Karakteristik Perilaku Konsumen Islam

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles