PENINGKATAN KONSELING MAHASISWA MELALUI CYBERCOUNSELING BERBASIS ASYNCHRONOUS CHAT DI UNIVERSITAS LAMPUNG
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini mengembangkan cybercounseling berbasis asynchronous chat untuk meningkatkan konseling mahasiswa di Universitas Lampung. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keefektifan layanan konseling online pada mahasiswa dengan berbasis chat. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan sumber data primer (data survey dan kuesioner) dan sumber data sekunder (wawancara, analisis media, dan observasi) dengan instrumen studi literatur dan angket mahasiswa. Penelitian ini dilakukan di Universitas Lampung dengan menyebarkan angket kepada 26 mahasiswa sebagai responden yang dipilih berdasarkan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan peran cybercouseling dinilai lebih praktis digunakan dalam proses konseling atau pemberian pelayanan konseling kepada mahasiswa terlebih kemudahan akses yang yang ditawarkan asynchronous chat menjadi salah satu inovasi konselor pada era transformasi digital.
Kata Kunci : Cyber Counseling, Asynchronous Chat, Program Konseling