PENGARUH NILAI EKSTERNAL BAHASA INDONESIA TERHADAP CAPAIAN NILAI MATA KULIAH BAHASA INDONESIA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini mempunyai tujuan mengkaji besarnya sumbanan atau kontribusi nilai eksternal Bahasa Indonesia yang terdiri atas Ujian Nasional (UN) dan nilai Ujian Seleksi Mahasiswa Baru (SMB) Bahasa Indonesia terhadap capaian nilai mata kuliah Bahasa Indonesia (BIN) mahasiswa Rekayasa, Politeknik Negeri Bandung (Polban). Data sekunder terdiri atas 133 mahasiswa bidang Rekayasa Polban tahun ajaran 2014/2015 sebagai objek dalam penelitian ini, yang terdiri atas program-program studi berikut. Program Studi (Prodi) D-3 Konstruksi Gedung (KGE), Prodi D-3 Teknik Refrigerasi dan Tata Udara (RTU), Prodi D-3 Teknik Mesin (TME), Prodi D-3 Teknik Konversi Energi (TKE), Prodi D-4 Teknik Pembangkit Tenaga Listrik (TPTL), Prodi D-4 Teknik Otomasi Industri (TOI), Prodi D-4 Teknik Kimia Produksi Bersih (TKPB), dan Prodi D-4 Teknik Informatika (TI). Penelitian ini menerapkan data sekunder dengan skala numerik, yakni: nilai UN dan nilai SMB serta capaian nilai BIN. Metode dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, analisis korelasi, dan analisis determinasi. Variabel dalam penelitian adalah nilai UN, nilai SMB sebagai variable bebas, dan capaian nilai BIN sebagai variabel terikat. Hasil analisis data menunjukkan bahwa sumbangan nilai UN dan nilai SMB terhadap nilai BIN sebesar 2,60% atau sangat kecil, artinya sebesar 97,40% dipengaruhi faktor lain yang tidak dibahas. Faktor luar tersebut cukup besar yakni 97,40% terkait pada proses pembelajaran bahasa Indonesia antara lain ketersediaan bahan ajar, metodologi pengajaran, perlatihan pembuatan tulisan ilmiah, presentasi, strategi dan suasana belajar, factor lingkungan, dan factor eksternal lainnya.
Kata kunci: Nilai BIN, nilai UN, nilai SMB, analisis deskriptif, koefisien determinasi.