MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK CINEMA THERAPY PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 TULANG BAWANG BARAT

Main Article Content

Susi Liana Putri
Muhammad Nurwahidin
Ratna Widiastuti

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah motivasi belajar siswa rendah. Tujuan penelitian untuk meingeitahui peningkatan motivasi belajar siswa melalui layanan bimbingan kelompok media cinema therapy pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Tulang Bawang Barat. Metode penelitian ini adalah pre-eksperiment dengan desain one group pretest-posttest design. Subjek penelitian sebanyak 12 siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, sedang, dan tinggi. Teknik pengumpulan data menggunakan skala motivasi belajar. Hasil analisis data menggunakan uji Wilcoxon, diperoleh p = 0.002; p < 0.05 maka Ha diteirima dan Hoi ditoilak, artinya terdapat peningkatan sebelum dan sesudah diberi layanan bimbingan kelompok media cinema therapy. Keisimpulannya adalah moitivasi beilajar siswa dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok media cinema therapy pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Tulang Bawang Barat Tahun Ajaran 2022/2023.


Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Cinema Therapy, Motivasi Belajar

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles