PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 3 NATAR TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Main Article Content

Fransiska Disa Desiana
Ranni Rahmayanthi
Muhammad Nurwahidin

Abstract

Masalah dalam penelitian ini dilatar belakangi oleh peranan guru bimbingan konseling dalam mengatasi kesulitan belajar siswa dan faktor - faktor apa saja yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa pada masa Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 3 Natar Lampung Selatan. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan peranan guru bimbingan konseling dalam mengatasi kesulitan belajar siswa, dan faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa pada masa Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 3 Natar Lampung Selatan. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari tiga guru Bimbingan Konseling dan lima siswa/siswi kelas VIII B SMP Negeri 3 Natar Lampung Selatan. Hasil penelitian menunjukkan ada enam peran guru Bimbingan dan Konseling dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada masa Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 3 Natar Lampung Selatan, dan hasil dari penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa guru Bimbingan dan Konseling menjalankan perannya di masa Pandemi Covid-19 ini dengan baik. Pembaharuan yang ditemukan adalah kualifikasi akademik para guru Bimbingan dan Konseling di SMP Negeri 3 Natar sudah memiliki kualifikasi yang kompeten untuk menjalankan tugas dan pelayanan sebagai guru Bimbingan dan Konseling di sekolah, adanya kegiatan kunjungan rumah yang dilaksanakan oleh guru Bimbingan dan Konseling di masa Pandemi Covid-19 yang diakibatkan dari ketidakhadiran siswa selama berbulan-bulan di masa pembelajaran daring, dan adanya ketentuan tertulis dalam kebijakan program kegiatan BK tentang tata cara melayangkan surat panggilan kepada orangtua.


Kata Kunci: bimbingan dan konseling, kesulitan belajar, pandemi covid-19, peran guru bk.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles