PENGGUNAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DIRI BAGI SISWA KELAS X SMAN 5 BANDAR LAMPUNG

Main Article Content

Rahmadani Ijaji
Muhammad Nurwahidin
Yusmansyah

Abstract

Pemahaman diri peserta didik di sekolah saat ini masih menjadi permasalahan yang cukup kompleks dan memerlukan perhatian yang serius. Beberapa permasalahan umum yang sering kali muncul terkait pemahaman diri peserta didik yaitu kurangnya kesadaran diri dan banyak peserta didik yang mengalami tekanan dan stres akademik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan layanan bimbingan kelompok teknik diskusi untuk meningkatkan pemahaman diri siswa kelas X SMAN 5 Bandar Lampung tahun ajaran 2022/2023. Metode yang digunakan adalah Quasi Eksperimental dengan desain penelitan time series one group pretest-posttest design. Pengumpulan data menggunakan skala pemahaman diri model likert yang telah diisi oleh siswa pada pretest dan posttest. Subjek terdiri dari 8 siswa kelas X. Data yang telah diperoleh kemudian di olah menggunakan metode statistika nonparametrik yaitu Uji Wilcoxon yaitu pengujian untuk data sebelum dan sesudah pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik diskusi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman diri siswa setelah diberikan layanan bimbingan kelompok teknik diskusi pada siswa kelas X SMAN 5 Bandar Lampung tahun ajaran 2022/2023.


Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Teknik Diskusi, Pemahaman Diri

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles