MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI KOMPUTER PADA MATA KULIAH FISIKA TERAPAN UNTUK PROGRAM STUDI TEKNIK AERONAUTIKA POLITEKNIK NEGERI BANDUNG
Main Article Content
Abstract
Dalam penelitian ini, dikembangkan media pembelajaran berbasis animasi komputer untuk memvisualisasi materi fisika terapan pada Program Studi Teknik Aeronautika, Politeknik Negeri Bandung. Pembuatan media ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas belajar mengajar di kelas serta untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Perbandingan hasil belajar antara kelas perlakuan (kelas menggunakan media pembelajaran berbasis animasi) dan kelas tanpa perlakuan (kelas tanpa menggunakan media pembelajaran berbasis animasi) dapat digunakan untuk mengetahui kontribusi dari media pembelajaran berbasis animasi komputer. Taraf signifikansi peningkatan hasil belajar dihitung dengan menggunakan uji t dan uji Wilcoxon. Untuk mengukur kesahihan dan keandalan instrumen penelitian dalam mengumpulkan data, dilakukan pengujian statistik berupa uji validitas dan uji reliabilitas.
Kata kunci: animasi komputer, hasil belajar, uji t, uji Wilcoxon, uji validitas, uji reliabilitas