KORELASI ANTARA KENAIKAN SKOR EPT DENGAN JUMLAH JAM MATA KULIAH BAHASA INGGRIS (STUDI KASUS MAHASISWA POLBAN)
Main Article Content
Abstract
Alasan penelitian ini adalah adanya ketidaksamaan distribusi jam pengajaran dan jumlah jam pengajaran mata kuliah bahasa Inggris di POLBAN. Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana pengaruh jumlah jam mengajar Bahasa Inggris tiap semester terhadap kenaikan skor EPT, mahasiswa POLBAN. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dan data diambil dari hasil tes EPT mahasiswa angkatan 2008 pada semester 1, 3, dan 6. Hasil analisis menunjukkan bahwa distribusi pengajaran bahasa Inggris per semester yang berkesinambungan berpengaruh terhadap kenaikan skor EPT khususnya di Jurusan Administrasi Niaga. Hal ini menunjukkan adanya korelasi antara jumlah jam proses pengajaran bahasa Inggris per semester dengan kenaikan skor EPT mahasiswa. Dengan demikian, proses pemerolehan bahasa Inggris melalui pengajaran di kelas perlu dilakukan secara berkesinambungan.
Kata Kunci: korelasi, distribusi jam mengajar, peningkatan skor EPT, pengajaran berkesinambungan.