PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI KLASIFIKASI HEWAN; PENERAPAN METODE OBSERVASI DIVARIASIKAN DENGAN LKS WORD SQUARE DI KELAS VII A SMP PJHI BALIKPAPAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Main Article Content

Euis Yuniastuti

Abstract

Penelitian ini didesain melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuannya adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar materi Klasifikasi Hewan melalui penerapan metode observasi yang divariasikan dengan LKS Word square di kelas VII A SMP PJHI Balikpapan. Subjek penelitian adalah kelas VII A SMP PJHIdengan jumlah siswa 30 orang. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus.Tiap siklus terdiri atasempat tahap, yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting).Indikator keberhasilan penelitian adalah (1) peningkatan persentase siswa yang memperoleh nilai ≥65 atau jumlah siswa yang belajar tuntas meningkat menjadi 85%, (2) ketuntasan keaktifan klasikal ≥75%.Berdasarkanhasilpenelitian,diperolehdatakenaikanpersentasepencapaian ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebesar 73,33% dan siklus II sebesar 86,67%. Keaktifan guru pada siklus I adalah70,60% dan siklus II sebesar 92,59%.Keaktifan siswa dari 63,33% menjadi 85%. Simpulannya adalah bahwa penerapan metode observasi,yang divariasikan dengan LKS Word square pada materi Klasifikasi Hewan, dapatmeningkatkan hasil belajar siswa di kelas VII A.Saran penelitian adalah metode iniperlu diterapkan pada materi-materi Biologi yang lain karena memudahkan siswa dalammemahami materi yang dipelajari.

 

Kata kunci: Hasil belajar, metode observasi, LKS Word square, materi Klasifikasi Hewan

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Euis Yuniastuti, Universitas Tridharma Balikpapan

FKIP Biologi Universitas Tridharma Balikpapan