PENGARUH STRATEGI BAURAN PEMASARAN TABUNGAN E’BATARAPOS TERHADAP MINAT BELI (STUDI: BANK BTN KC BANDUNG)
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh strategi bauran pemasaran terhadap niat beli produk (Studi Kasus: tabungan e’Batarapos Bank BTN KC Bandung). Ukuran sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 202 responden, teknik sampling yang digunakan adalah non-probability sampling dengan cara judgemental. Responden dari penelitian ini adalah semua orang yang pernah mendengar atau mengetahui produk tabungan e’Batarapos. Metode analisis data meliputi uji validitas, uji reliabilitas, analisis korelasi Spearman dan analisis regresi logistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bauran pemasaran dan niat membeli memiliki hubungan positif, bauran pemasaran berpengaruh signifikan terhadap niat beli. Ada tiga dimensi dari bauran pemasaran yang mempengaruhi niat beli, yaitu tempat (place), proses (process), dan layanan pelanggan (customer service). Dimensi bauran pemesaran yang memiliki pengaruh paling tinggi adalah layanan pelanggan diikuti oleh tempat dan proses.
Kata kunci: Bauran pemasaran, Niat Beli Produk, Tabungan, e’Batarapos.