PERILAKU KONSUMEN MUSLIM: PERSEPSI RELIGIUSITAS DAN PERSEPSI ATRIBUT PRODUK TERHADAP LOYALITAS PRODUK MAKANAN DAN MINUMAN BERLABEL HALAL DI KALANGAN MAHASISWA MUSLIM DI BANDUNG

Main Article Content

Rivan Sutrisno

Abstract

Indonesia adalah negara dengan populasi masyarakat muslim terbesar di dunia. Hal ini menyebabkan kebutuhan akan makanan yang berlabelkanhalal menjadi mutlak sesuai dengan tuntunan ajaran Islam. Sementara itu baru sekitar 20 persen dari total keseluruhan makanan telah disertifikasi halal oleh MUI (Zuhri 2010). Hal ini menandakan perlindungan konsumen muslim terhadap produk halal sangat rendah. Disisi lain, perilaku mengkonsumsi makanan halal belum tentu searah dengan identitas muslim seseorang. Sebab belum tentu seseorang yang beragama Islam akan selalu berperilaku islami, khususnya dalam mengkonsumsi makanan halal. Artikel ini ditulis berdasarkan penelitian yang dimaksudkan untuk mengetahui persepsi religiulitas dan persepsi atribut produk terhadap loyalitas produk berlabel halal di kalangan mahasiswa muslim di Bandung baik secara simultan maupun parsial. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa muslim di kota bandung dengan menggunakan teknik judgmental sampling dalam pemilihan sampel dengan ukuran sampel sebanyak 200 responden (Malholtra, 2004). Data yang diperoleh selanjutnya diolah dengan menggunakan analisis faktor untuk mengidentifikasi faktor-faktor dominan berkaitan dengan indicator persepsi religiulitas, persepsi atribut produk dan loyalitas, kemudian dilanjutkan dengan analisa regresi berganda untuk mengetahui seberapa besar pengaruh persepsi religiusitas dan persepsi atribut produk terhadap loyalitas produk berlabel halal. Hasil dari penelitian disimpulkan bahwa persepsi mahasiswa muslim di Bandung terhadap konsepsi kehalalan masih bersifat parsial, mahasiswa cenderung memilih atribut produk berdasarkan fitur, design, merk dan jaminan penggunaan serta Loyalitas mahasiswa cenderung berdasarkan affective, connative dan Action. Disimpulkan pula Persepsi religiusitas dan persepsi atribut produk ternyata tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas produk berlabel halal di kalangan mahasiswa muslim di Kota Badung.

 

Kata Kunci: Perilaku Konsumen, Persepsi Religiusitas, Persepsi atribut produk, Loyalitas Produk, Label Halal

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Rivan Sutrisno, Politeknik Negeri Bandung

Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Bandung