PENGARUH EXPANDED MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG (Survei pada Wisatawan Nusantara yang Berkunjung ke Museum Sonobudoyo Yogyakarta)

Main Article Content

Marceilla Suryana

Abstract

Indonesia merupakan negara kepulauan yang kaya akan kekayaan alam flora dan fauna dan berbagai budaya yang merupakan tujuan wisata potensial yang mampu menarik wisatawan untuk motivasi melakukan kegiatan di Indonesia , dan khususnya di Daerah Istimewa Yogyakarta . Kota Yogyakarta adalah daerah budaya besar di Indonesia yang merupakan potensi dalam hal pengembangan wisata budaya melalui museum . Tapi sekarang banyak orang tetap menganggap bahwa museum adalah tempat yang tepat untuk menjaga dan memelihara fosils sejarah dan budaya . Rendahnya apresiasi masyarakat dapat terlihat dari data pengunjung Museum Sonobudoyo Yogyakarta kehadiran yang menunjukkan angka yang rendah dari tahun 2009-2010 . Museum Sonobudoyo Yogyakarta melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kunjungan . Salah satu cara adalah melalui bauran pemasaran diperluas , yang terdiri adalah orang , bukti fisik , dan proses . Bauran pemasaran yang diperluas di Museum Sonobudoyo Yogyakarta diharapkan dapat membantu meningkatkan kunjungan wisatawan dan kesadaran masyarakat tentang budaya yang sudahada sejak lama oleh kehadiran museum. Variabel independen ( X ) diperluas bauran pemasaran yang terdiri dari tiga dimensi yaitu People , bukti fisik , dan Proses . Variabel dependen (Y), yaitu keputusan untuk mengunjungi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan verifikatif , dan metode yang digunakan adalah teknik random sampling sistematik survei, sehinggamemperoleh 90 responden sampel . Teknik analisis data dan uji hipotesis yang digunakan adalah regresi berganda. Berdasarkan hipotesis penelitian, memperluas bauran pemasaran memiliki pengaruh yang signifikan sebesar 48,5 % terhadap keputusan mengunjungi.

Kata kunci: Bauran Pemasaran diperluas, Keputusan Visiting.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Marceilla Suryana, Politeknik Negeri Bandung

Prodi Usaha Perjalanan Wisata Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Bandung