EFEKTIVITAS STRATEGI PROGRAM PERKULIAHAN TERPADU UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA MAHASISWA TEKNIK KONVERSI ENERGI POLITEKNIK
Main Article Content
Abstract
Efektivitas Strategi Program Perkuliahan Terpadu (SPPT) ditentukan dengan metode kuasi-eksperimen dan desain pretes-postes kelompok kontrol. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efektivitas SPPT dalam meningkatkan penguasaan konsep fisika. Tempat penelitian di Politeknik Negeri Bandung (Polban) dengan melibatkan 62 mahasiswa Prodi Diploma III Teknik Konversi Energi sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian yang diperoleh: (a) peningkatan penguasaan konsep kelas eksperimen adalah 36% dan kelas reguler adalah 15%; (b) peningkatan penguasaan konsep kelas eksperimen pada pokok bahasan besaran satuan, kinematika, dinamika, fluida, dan termofisika, berturut-turut adalah 57%, 34%, 34%, 54%, dan 23%; (c) peningkatan penguasaan konsep kelas eksperimen oleh mahasiswa katagori kemampuan rendah, sedang, dan tinggi berturut-turut sebesar 38%, 37%, dan 32%; dan (d) rerata skor koefisien korelasi (koefisien determinasi) peningkatan penguasaan konsep antarpokok bahasan berurutan akibat penerapan SPPT sebesar 0,18 (5,4%) dan hanya 25% peningkatan penguasaan konsep antarpokok bahasan berurutan signifikan.
Kata kunci: Efektivitas, strategi program perkuliahan terpadu, penguasaan konsep fisika.