PENINGKATAN KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MEMAHAMI MATEMATIKA DENGAN METODE INKUIRI (Studi Kasus pada Program Studi Keuangan Perbankan POLBAN)
Main Article Content
Abstract
Tulisan ini merupakan penelitian mengenai kemampuan pemahaman matematika pada mahasiswa Program Studi Keuangan Perbankan di POLBAN. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman matematika pada hasil belajar mahasiswa dengan metode pembelajaran inkuiri. Perbandingan hasil belajar antara kelas inkuiri dan kelas kontrol dapat digunakan untuk mengetahui kontribusi dari metode inkuiri. Taraf signifikansi peningkatan pemahaman matematika melalui hasil belajar dihitung dengan menggunakan uji t dan uji Mann-Whitney. Untuk mengukur kesahihan dan keandalan instrumen penelitian dalam pengumpulan data, dilakukan pengujian statistik berupa uji validitas, uji reliabilitas, dan tingkat kesukaran dari soal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara metode pembelajaran inkuiri dengan konvensional. Hasil pembelajaran dengan metode inkuiri lebih baik dibandingkan dengan konvensional.
Kata Kunci: Metode Inkuiri, Pemahaman Matematika Mahasiswa.