ANALISIS EMPIRIK PENGGUNAAN INTERNET BANKING PADA PERBANKAN DI JAWA BARAT

Main Article Content

Ermina Tiorida
Gundur Leo

Abstract

Tingginya tingkat pertumbuhan teknologi, khususnya internet, membawa perubahan pada perusahaan dalam menjalankan bisnisnya  termasuk perbankan dan industri jasa keuangan lainnya. Internet banking telah menciptakan cara baru bagi perbankan dalam bidang produksi, pendistribusian, penjualan, dan   pembayaran jasa-jasanya.  Hasil penelitian ini  diharapkan dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi konsumen dalam mengadopsi internet banking di Indonesia, khususnya di Jawa Barat. Model adopsi internet banking pada penelitian ini menggunakan sembilan determinan, yaitu attention, accessibility, self efficacy, convenience, usability, risk, cost, relative advantage, dan knowledge and support. Sampel dikumpulkan dari sembilan kota besar dari  provinsi Jawa Barat, yaitu Bandung. Bekasi, Cimahi, Cirebon, Purwakarta, Tasikmalaya, Ciamis, Sukabumi dan Garut. Analisis akan dilakukan dengan menggunakan analisis faktor untuk mengetahui ketepatan model faktor-faktor yang membentuk adopsi internet banking khususnya di Jawa Barat. Hasil studi ini diharapkan dapat digunakan sebagai masukan untuk membangun adopsi internet banking di perbankan.

 

Kata Kunci:  Attention, Accessibility, Self Efficacy, Convenience, Usability, Risk, Cost, Relative  Advantage, Knowledge and Support

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Ermina Tiorida, Politeknik Negeri Bandung

Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Bandung

Gundur Leo, Politeknik Negeri Bandung

Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Bandung