ANALISIS EMPIRIK PENGGUNAAN INTERNET BANKING PADA PERBANKAN DI JAWA BARAT

  • Ermina Tiorida Politeknik Negeri Bandung
  • Gundur Leo Politeknik Negeri Bandung

Abstract

Tingginya tingkat pertumbuhan teknologi, khususnya internet, membawa perubahan pada perusahaan dalam menjalankan bisnisnya  termasuk perbankan dan industri jasa keuangan lainnya. Internet banking telah menciptakan cara baru bagi perbankan dalam bidang produksi, pendistribusian, penjualan, dan   pembayaran jasa-jasanya.  Hasil penelitian ini  diharapkan dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi konsumen dalam mengadopsi internet banking di Indonesia, khususnya di Jawa Barat. Model adopsi internet banking pada penelitian ini menggunakan sembilan determinan, yaitu attention, accessibility, self efficacy, convenience, usability, risk, cost, relative advantage, dan knowledge and support. Sampel dikumpulkan dari sembilan kota besar dari  provinsi Jawa Barat, yaitu Bandung. Bekasi, Cimahi, Cirebon, Purwakarta, Tasikmalaya, Ciamis, Sukabumi dan Garut. Analisis akan dilakukan dengan menggunakan analisis faktor untuk mengetahui ketepatan model faktor-faktor yang membentuk adopsi internet banking khususnya di Jawa Barat. Hasil studi ini diharapkan dapat digunakan sebagai masukan untuk membangun adopsi internet banking di perbankan.

 

Kata Kunci:  Attention, Accessibility, Self Efficacy, Convenience, Usability, Risk, Cost, Relative  Advantage, Knowledge and Support

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ermina Tiorida, Politeknik Negeri Bandung
Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Bandung
Gundur Leo, Politeknik Negeri Bandung
Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Bandung
Section
Articles