ANALISIS EMPIRIK PENGGUNAAN INTERNET BANKING PADA PERBANKAN DI JAWA BARAT
Main Article Content
Abstract
Tingginya tingkat pertumbuhan teknologi, khususnya internet, membawa perubahan pada perusahaan dalam menjalankan bisnisnya termasuk perbankan dan industri jasa keuangan lainnya. Internet banking telah menciptakan cara baru bagi perbankan dalam bidang produksi, pendistribusian, penjualan, dan pembayaran jasa-jasanya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi konsumen dalam mengadopsi internet banking di Indonesia, khususnya di Jawa Barat. Model adopsi internet banking pada penelitian ini menggunakan sembilan determinan, yaitu attention, accessibility, self efficacy, convenience, usability, risk, cost, relative advantage, dan knowledge and support. Sampel dikumpulkan dari sembilan kota besar dari provinsi Jawa Barat, yaitu Bandung. Bekasi, Cimahi, Cirebon, Purwakarta, Tasikmalaya, Ciamis, Sukabumi dan Garut. Analisis akan dilakukan dengan menggunakan analisis faktor untuk mengetahui ketepatan model faktor-faktor yang membentuk adopsi internet banking khususnya di Jawa Barat. Hasil studi ini diharapkan dapat digunakan sebagai masukan untuk membangun adopsi internet banking di perbankan.
Kata Kunci: Attention, Accessibility, Self Efficacy, Convenience, Usability, Risk, Cost, Relative Advantage, Knowledge and Support