PERANAN DAN TANGGUNG JAWAB MAHASISWA ISLAM DALAM PERKEMBANGAN SAINS DAN TEKNOLOGI

Main Article Content

N Fathurrohman

Abstract

Sebagai agama yang menekankan penguasaan ilmu pengetahuan bagi para pemeluknya, Islam secara konsisten menempatkan kaum intelektual pada posisi yang sangat strategis dan sangat menentukan dalam pembangunan sebuah masyarakat dan peradaban. Kaum itelektual dipandang sebagai soko guru (tiang penyangga) bagi sebuah bangunan masyarakat dan sekaligus menjadi teladan dalam membangun kehidupan yang bahagia dan berketuhanan.

Dengan demikian, mahasiswa memiliki kedudukan yang penting dalam masyarakat. Mahasiswa merupakan motor penggerak perkembangan masyarakat, khususnya dikalangan pemuda. Sejarah membuktikan, keberhasilan atau kehancuran suatu era, salah satunya diukur dari partisipasi generasi mudanya. Mahasiswa dengan fisik yang kuat, semangat yang tinggi dan keingintahuan yang besar dapat mengangkat suatu era atau sebaliknya. Mahasiswa sebagai salah satu unsur pemuda yang nota bene kaum intelektual dan penjaga norma-norma sosial, adalah aset bangsa yang potensial. Penguasaan sains dan teknologi bukan suatu alternatif, namun sudah menjadi keharusan. Akan tetapi, penguasaan teknologi harus selaras dengan pemaknaan tauhid Illahi. Penguasaan akan sains dan teknologi yang dilandasi konsep keimanan akan memancarkan cahaya yang menerangi gerak langkah peradaban dunia.Maka tujuan penelitian ini adalah membantu terbinanya sarjana muslim yang beriman, berilmu dan beramal saleh sesuai dengan ajaran Islam menuju terwujudnya ajaran agama Islam sebagai sumber nilai dan pedoman yang mengantarkan mahasiswa dalam pengembangan profesi dan kepribadian Islam dengan harapan bahwa mahasiswa kelak akan menjadi ilmuwan yang beriman dan bertakwa kepada Allah Swt, mampu mengabdikan ilmunya untuk kesejahteraan umat manusia

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

N Fathurrohman, Universitas Islam Karawang

Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Islam Karawang